Sambangi Malaysia, Prabowo Bicarakan Kerjasama Pertahanan

Menteri Pertahanan Republik Indonesia (Menhan RI) Prabowo Subianto melaksanakan kunjungan ke Menteri Pertahanan (Menhan) Malaysia H.E Dato’ Seri Hishamuddin Tun Hussein pada Kamis (28/10) di Kuala Lumpur, Malaysia.

Dalam kunjunganya ke negeri Jiran itu, Prabowo akan bertemu dengan Menhan Malaysia membicarakan kerjasama bilateral pertahanan antara Indonesia dan Malaysia sebagai tindak lanjut dari pertemuan secara virtual kedua Menhan sebelumnya pada 4 Oktober lalu.

Adapun kedua Menhan sebelumnya telah sepakat untuk menyusun sebuah kesepakatan (MoU) sebagai landasan hukum dalam melakukan kerjasama pertahanan yang lebih luas.

Dengan adanya MoU ini, diharapkan kerjasama di bidang pertahanan kedua negar dapat meluas ke berbagai bidang kerjasama yang dapat memberikan manfaat langsung baik bagi TNI, Angkatan Tentera Malaysia (ATM), maupun kawasan.

Hubungan bilateral di bidang pertahanan antara Indonesia dan Malaysia telah dimulai sejak penandatanganan perjanjian damai pasca konfrontasi pada 11 Agustus 1966. Setelah itu hubungan tersebut terus berkembang dan kemudian dibentuklah forum General Border Committee (GBC) Malindo yang diumumkan resmi pada tahun 1971.

Adapun kerjasama militer antara TNI dan Angkatan Tentera Malaysia (ATM) telah berjalan melalui bidang operasi di darat, laut dan udara.

Baca Juga:  TNI AU Pasang Radar dengan Radius 550 Km di Congot, Kabupaten Kulonprogo

Be the first to comment

Tinggalkan Balasan