Selangkah Lagi, Filipina Beli Tank Harimau Buatan Pindad

Ketertarikan Filipina pada Tank kelas Medium Harimau sudah bukan rahasia lagi. Tank buatan PT Pindad tersebut telah ditampilkan saat pameran militer Angkatan Bersenjata Filipina.

Kali ini giliran delegasi Kementerian Pertahanan Filipina mengunjungi PT Pindad di Bandung untuk melihat langsung sejumlah alutsista produksi Indonesia.

Delegasi Filipina dipimpin oleh Undersecretary for Finance and Materiel, Department of National Defense Philipina, Raymundo Dv Elefante mengunjungi PT Pindad (Persero) di Bandung untuk melihat kendaraan tempur produksi PT Pindad.

Kunjungan delegasi Filipina ke komplek Pindad tersebut dilakukan Jumat, 28 Februari 2020, setelah sehari sebelumnya ditandatangani Memorandum of Understanding (MoU) antara Kementerian Pertahanan Filipina dan Indonesia.

Rombongan delegasi Filipina ini juga sangat takjub ketika melihat kendaraan tempur yang dinamai Harimau atau Medium Tank ini.

“Hari ini kita akan memperlihatkan Medium Tank Harimau dan berbagai produk pertahanan dan keamanan buatan Pindad lainnya yang telah digunakan TNI dan siap mendukung armada militer Filipina,” ujar Abraham dalam keterangan resminya, Jumat 28 Februari 2020.

Menurut dia, Medium Tank Harimau hadir sebagai produk inovatif kendaraan tempur terbaru buatan Pindad. Dilengkapi dengan senjata utama turret kaliber 105 mm serta senapan mesin kaliber 7,62 mm untuk daya gempur maksimum.

Tank Harimau mampu beroperasi untuk berbagai macam kondisi operasi, khususnya tempat tropis dan medan ekstrem karena memiliki bobot yang lebih ringan dari Main Battle Tank. Dilengkapi dengan proteksi STANAG 4569 sampai level 5, sistem pertahanan antibalistik dan antiranjau, Tank Harimau diproyeksikan untuk memperkuat armada utama militer.

Baca Juga:  Toyota Restui Ranpur Maung Buatan PT. Pindad

Sumber: PT Pindad