Selangkah Lagi Malaysia Akan Membeli Pesawat Tejas Buatan India, Ini Alasanya

Malaysia dilaporkan telah mengidentifikasi pesawat tempur ringan Tejas buatan India untuk menggantikan armada jet tempur MiG-29 saat ini dan diyakini sedang dalam negosiasi lanjutan untuk memperkuat pengadaannya.

“(Negosiasi) hampir mencapai tahap akhir,” kata R Madhavan, ketua dan direktur pelaksana Hindustan Aeronautics Limited (HAL), seperti dilansir Indian Express. Jumlah unit yang akan dibeli tidak diungkapkan.

Menurut Madhavan, tim pejabat dan ahli Malaysia diperkirakan akan segera mengunjungi India untuk menyelesaikan kesepakatan.

Ada dua pertimbangan utama Malaysia membeli Tejas, pertama karena pesawat ini bisa diduetkan dengan pesawat tempur Sukhoi Su-30MKM seperti yang India lakukan. Kedua, karena Malaysia berencana agar perawatan Su-30MKM dilakukan oleh India, secara spek Su-30 milik Malaysia dan India memang mirip.

Tawaran itu dikatakan termasuk menyiapkan fasilitas pemeliharaan, perbaikan dan overhaul di Malaysia yang juga akan mendukung armada pesawat Sukhoi Su-30 Malaysia. Ini akan membantu mengatasi masalah dalam pengadaan suku cadang dari Rusia yang timbul dari sanksi perdagangan yang sedang berlangsung yang dikenakan pada Moskow, katanya.

Tejas dikatakan sebagai pesawat tempur supersonik multi-peran bermesin tunggal yang gesit yang mampu beroperasi di lingkungan udara dengan ancaman tinggi.

Madhavan mengatakan kesepakatan itu sesuai dengan persyaratan anggaran Malaysia dan menawarkan peningkatan cepat.

Dia memberikan jaminan bahwa perusahaannya akan memberikan Malaysia tingkat layanan yang sama yang ditawarkan saat ini kepada Angkatan Udara India, yang membeli 83 unit pesawat pada Februari tahun lalu.

Baca Juga:  Negara Arab Harus Berpaling ke Senjata Buatan Rusia Karena Lebih Handal

Malaysia juga telah mempertimbangkan jet JF-17 China, FA-50 Korea Selatan dan MiG-35 dan Yak-130 dari Rusia, sebelum memilih pesawat India, kata Madhavan.

Dia mengatakan pesawat China diyakini lebih murah tetapi tidak dapat menandingi parameter teknis Tejas Mk-1A yang, ditambah dengan tawaran untuk melayani armada buatan Rusia yang ada di Malaysia, mempengaruhi kesepakatan yang menguntungkan India.

Pabrikan milik negara India saat ini sedang mengerjakan Tejas versi MK-2 dan Advanced Medium Combat Aircraft (AMCA) generasi kelima, yang keduanya akan tersedia untuk Malaysia di lain waktu, katanya.

Be the first to comment

Tinggalkan Balasan