Selangkah Lagi Yunani Beli F-35, Turki Cemas!

Rencana Yunani untuk mengakuisisi Lockheed Martin F-35 Lightning II Joint Strike Fighter (JSF) akan mengambil langkah maju, dengan tim dari kantor Lockheed Martin dijadwalkan untuk mengunjungi negara itu pada bulan Februari.

Duta Besar AS untuk Yunani, Geoffrey Pyatt, mengatakan kepada media nasional pada akhir Januari tentang kunjungan yang direncanakan ketika Angkatan Udara Hellenic (HAF) berusaha untuk memajukan rencananya untuk memperoleh F-35A sebagai bagian dari peningkatan yang lebih luas dari penerbangan tempurnya. pasukan.

“Biarkan saya mulai dengan poin terpenting, yaitu Yunani akan menjadi bagian dari program F-35. Saya pikir itu jelas dipahami oleh pemerintah, oleh Angkatan Udara Hellenic, tetapi juga oleh pemerintah AS. Anda telah mendengar ungkapan seperti itu bukan hanya dari saya tetapi juga dari pejabat senior Departemen Luar Negeri,” kata Duta Besar Pyatt.

Jika nantinya Yunani benar-benar memiliki F-35, hal tersebut akan meningkatkan daya gentar negara itu terhadap musuh bebuyutanya yaitu Turki. Sampai saat ini, Turki hanya mengandalkan armada pesawat F-16 dengan teknologi 3.5G dengan rudal udara ke udara yang usang.

Yunani dan Turki telah lama berseteru sejak era Kekhalifahan Ustmaniyah. Sampai saat ini keduanya masih saling klaim wilayah perbatasan laut dan pengaruh di pulau siprus.

Baca Juga:  Pesawat Tempur J-10 China Kini Pakai Thrust Vectoring Control

Be the first to comment

Tinggalkan Balasan