Separuh Lebih Kekuatan Perang AL Amerika Saat Ini Berada di Kawasan Indo-Pasifik

Kepala Staff AL Amerika Serikat, (U.S Chief Naval Operations) yaitu Admiral Michael Gilday menyebutkan bahwa saat ini 60% kekuatan U.S Navy (AL Amerika) berada di kawasan laut Indo-Pasific sebagai upaya menjaga stabilitas wilayah tersebut agar damai dan aman, perkataan ini disebutkan beliau saat berkunjung ke Teluk Benggala, India, saat mengikuti latihan Malabar 2021.

Admiral Michael Gilday menyebutkan hal itu di depan para petinggi petinggi Angkatan Laut India, Jepang dan Australia, disebutkan juga bahwa India akan menjadi kunci kestabilan di wilayah Samudera Hindia.

Pihak wartawan juga ikut menanyakan soal bagaimana Amerika Serikat melawan modernisasi agresif Angkatan Laut Tiongkok, Gilday mengatakan mereka akan mencoba untuk mengeluarkan uang lebih banyak dan lebih inovatif.

“Bagi saya ini adalah kemitraan alami antara Amerika Serikat dan India. Dua negara demokrasi dan berteknologi tinggi dengan kepentingan bersama. Agar jalur maritim internasional bisa bebas dan terbuka terciptanya stabilitas regional, stabilitas ekonomi, penghormatan terhadap institusi internasional dan supremasi hukum, dan penolakan kami terhadap otoritarianisme global dan ancaman apa pun di atas. India dan Amerika Serikat memiliki hubungan positif yang panjang dan sehat,” kata Gilday.

Baca Juga:  Militer Filipina Selamatkan 3 Pelaut Vietnam Dari Abu Sayyaf

Be the first to comment

Tinggalkan Balasan