Singapura Akan Gunakan Fasilitas Uji Rudal di India

Angkatan bersenjata Singapura, yang selama ini sudah menggunakan fasilitas militer India untuk melatih pasukan mekanis, artileri, dan jet tempur F-16, akan segera juga mulai menggunakan fasilitas uji rudal terintegrasi Chandipur di Odisha India.

Dalam dialog India-Singapura ke-4, yang dipimpin oleh Menteri Pertahanan India Rajnath Singh dan mitranya Dr N G Eng Hen di Singapura pada hari Rabu (20/11), juga sepakat untuk mengeksplorasi kerja sama bilateral di bidang artificial intelligence, berbagi data geo-spasial dan keamanan cyber.

Kedua negara bertukar “letter of intent untuk menyatakan komitmen mereka” untuk menandatangani MoU untuk memfasilitasi penggunaan fasilitas uji Chandipur, dimana Singh juga menawarkan pembangunan fasilitas uji bersama di bawah skema infrastruktur pengujian pertahanan India.

Di bawah pakta bilateral yang ditandatangani lebih dari satu dekade lalu, militer Singapura melatih pasukan mekanisnya di Babina, artileri di fasilitas tembak Deolali dan F-16 di pangkalan udara Kalaikunda secara rutin. India juga telah menandatangani pakta angkatan laut dengan Singapura untuk dapat mengakses pangkalan satu sama lain dan dukungan logistik timbal balik untuk kapal perang, sebagai bagian dari kebijakan keseluruhan untuk terus membangun hubungan militer dengan negara-negara Asean yang sangat mewaspadai Tiongkok.

India telah sering bergabung dengan negara-negara lain di wilayah tersebut untuk menegaskan kembali perlunya semua orang menghormati kebebasan navigasi dan perdagangan di perairan internasional dengan latar belakang perilaku agresif dan ekspansionis Tiongkok di kawasan Asia Pasifik.

Baca Juga:  Israel Bakal Nambah Membeli 17 Unit F-35

Secara signifikan, dialog pada hari Rabu dilakukan setelah angkatan laut Singapura, India dan Thailand mengadakan latihan tri-lateral pertama mereka, “SITMEX” di Laut Andaman untuk meningkatkan inter-operabilitas dan kerja sama dalam domain maritim pada bulan September tahun ini.

Rajnath Singh menegaskan kembali dukungan penuh India dan partisipasi aktif dalam arsitektur keamanan regional dari Asean Defence Ministers’ Meeting Plus (ADMM Plus) dan pada banyak inisiatifnya. Singapura, menyambut “keterlibatan mendalam” India dengan negara-negara Asean lainnya, baik dalam format bilateral maupun multilateral.

Sumber : timesofindia.indiatimes.com, TSM Angga Saja

Be the first to comment

Tinggalkan Balasan