Singkirkan F-18 Hornet, Kanada Borong 88 Pesawat F-35A

Kanada pada hari Senin mengumumkan rencana untuk membeli 88 F-35A Joint Strike Fighters seharga CA$19 Miliar (Rp218,95 Triliun). Menteri Pertahanan Kanada Anita Anand mengatakan bahwa Royal Canadian Air Force (RCAF) akan menerima batch pertama sebanyak empat unit F-35 buatan Lockheed Martin pada tahun 2026 dan enam unit lainnya di 2027, mereka akan menerima pesawat setiap tahunnya. Pesawat tempur generasi kelima tersebut akan menggantikan armada CF-18 Hornet RCAF saat ini, total seluruh unit F-35 Lightning II akan tiba di Kanada pada tahun 2032 mendatang.

Kanada pertama kali mengumkan akan membeli pesawat F-35 pada Maret 2022 sebagai pemenang tender, F-35 Lightning II mengalahkan pesaingnya Saab Gripen, Eurofighter Typhoon, dan Boeing F/A-18 Super Hornet. Kanada memilih F-35 Lightning II dikarenakan pesawat itu terbukti tangguh dalam operasi di suhu super rendah seperti di Kanada, terbukti oleh Norwegia dan pengoprasian di Alaska. RCAF juga akan memakai F-35 Lightning II di Kutub Utara, pesawat juga dapat lepas landas diatas landasan pacu es dan pendek di Utara Kanada.

F-35A Lightning II Kanada terpilih dikarenakan lebih unggul dalam hal biaya dan logistik dari pada Saab Gripen E, Menteri Anand juga tidak kahwatir bahwa negaranya akan kekurangan suku cadang F-35 dan rantai pasokan terkait. Pembelian F-35A juga akan berdampak pada industri lokal Kanada.

Baca Juga:  Angkatan Udara Amerika Masih Menang Mutlak dari Rusia dan China

Total dana yang dikerahkan mencapai $ 19 miliar untuk 88 unit pesawat F-35A sekaligus menjadikannya sebagai anggaran persenjataan terbesar untuk Angkatan Udara Kanada selama 30 tahun terakhir. Anggaran ini tidak hanya untuk pembelian pesawat yang masing-masing harganya diperkirakan $ 85 juta, tetapi juga termasuk membangun layanan pendukung untuk pesawat dan fasilitas skuadron tempur modern.

Pengiriman jet tempur canggih ini akan dilakukan dalam beberapa tahap. Pemerintah Kanada akan menerima empat pesawat pertama di tahun 2026, enam unit di 2027, enam unit lain di 2028 dan seterusnya hingga seluruh unit diterima pada akhir 2032.