Singkirkan Tank Harimau, Filipina Pilih Tank Ringan Buatan Israel

Sempat jadi favorit, Tank Harimau buatan PT. Pindad akhirnya tidak terpilih dalam program pengadaan tank ringan Angkatan Darat Filipina. Pilihan Manila akhirnya jatuh pada tank ringan Sabrah buatan Elbit System Israel.

Dikutip dari MaxDefense Philippines, AD Filipina akan mengakuisisi Tank Sabrah dengan dua varian, yaitu versi Roda Rantai dan Roda Ban.

Seri tank ringan Sabrah dipersenjatai dengan turret 105 mm. Varian beroda rantai menggunakan ASCOD sebagai platform, sedangkan varian beroda ban menggunakan platform Pandur II.

Sabra, dari bahasa Ibrani yang artinya, “pir berduri” adalah tank M60 Patton yang dikembangkan secara ekstensif oleh Israel Military Industries. Versi MK II dari paket peningkatan ini telah digunakan di Angkatan Darat Turki. Sabra dikenal sebagai M60T dalam militer Turki.

Sabra adalah tank ringan dengan kanon 105mm, dapat menggunakan platform kendaraan ASCOD 2 (untuk kendaraan roda rantai) dan Pandur II (untuk kendaraan roda ban 8×8). Kedua platform kendaraan ini diproduksi oleh General Dynamics European Land Systems (GDELS).

Baca Juga:  Dibalik Macetnya Program Modernisasi Militer Rusia

Be the first to comment

Tinggalkan Balasan