Spanyol Beli Tiga Pesawat Tanker Airbus A330

Kementerian Pertahanan Spanyol telah menandatangani perintah resmi untuk akuisisi tiga pesawat Airbus A330 Multi-Role Tanker Transport (MRTT), kabar ini dilansir langsung oleh website resmi Airbus.

Berdasarkan perjanjian tersebut, serah terima pesawat pertama dalam konfigurasi transportasi dijadwalkan dalam beberapa hari mendatang, diikuti dengan konversi ke MRTT pada 2024. Serah terima pesawat pertama yang dikonversi sepenuhnya dijadwalkan pada 2023 dan unit ketiga dan terakhir pada 2025.

Kontrak mencakup dukungan terkait seperti suku cadang, peralatan pendukung darat, pelatihan, dan dukungan dalam layanan hingga akhir kontrak.

Pesawat, yang diperoleh dari Iberia, akan diubah menjadi transportasi tanker militer di markas besar Airbus Spanyol di Getafe, Spanyol. Ini akan dilengkapi dengan sistem pengisian bahan bakar selang & drogue yang canggih dan kit Evakuasi Medis (MEDEVAC) khusus. Armada MRTT A330 akan dioperasikan oleh Spanish Air Force 45 Wing, yang berbasis di Torrejón Air Base (Madrid).

‘Dengan penambahan A330 MRTT ke armadanya, Angkatan Udara Spanyol memperoleh kemampuan baru yang penting dan terbukti, yang akan meningkatkan dan mendukung operasi di luar negeri, serta misi medevac, di mana pesawat memainkan peran kunci selama Covid-19 krisis pandemi di seluruh dunia,’ kata Jean-Brice Dumont, Wakil Presiden Eksekutif Pesawat Militer di Airbus.

Baca Juga:  A3 Sky Warrior: Paus Serbaguna Pahlawan Perang Vietnam

Be the first to comment

Tinggalkan Balasan