Sukhoi Su-57 Tampil Dengan Pod Pembidik Sasaran Baru

Pesawat Sukhoi Su-57 tampil dalam pawai parade militer dalam rangka HUT-65 produsen pesawat terbang Lukhovitaky pada 17 Agustus 2018. Yang aneh dalam penampilan pesawat ini adalah adanya Pod pembidik sasaran baru.

Kok aneh? untuk informasi aja. Pesawat gahar generasi 4,5G ini tidak jadi dikembangkan oleh pemerintah Rusia, sudah dihentikan.

Saat ini ada total 20 unit Su-57 yang sudah dibikin untuk riset dan pengembangan. Rusia tidak akan menambah atau membeli pesawat ini sehingga distop.

Yang istimewa dari penampakan Su-57 di acara tersebut, Su-57 nomor Bort #055 dengan kelir loreng digital itu tampil mengusung pod pembidik sasaran tipe 101KS-N yang terpasang di sisi bawah, dekat lubang masuk udara mesin sebelah kiri.

101KS-N sendiri adalah optik bidik dan pandu navigasi dari seri 101KS Atoll yang memang dikembangkan khusus oleh perusahaan KRET untuk mendukung penjatuhan bom pintar berpemandu laser dan juga menyediakan navigasi akurat bagi Su-57.

Walaupun belum banyak yang mengetahui kemampuannya yang sesungguhnya, namun 101KS-N dikatakan setara dengan produk buatan AS-Israel seperti AN/AAQ-28 Litening dan AN/AAQ-33 Sniper ATP (Advanced Targeting Pod).

Sumber: UC News (Aryo Nugroho)

Baca Juga:  Destroyer USS Zumwalt (DDG 1000) Kapal Laut Tempur Super Canggih dan Mematikan

1 Komentar

Tinggalkan Balasan