Swiss Pilih Pesawat F35 dan Rudal Arhanud Patriot

Federal Council Swiss mengumumkan bahwa mereka akan mengajukan proposal kepada Parlemen Swiss untuk menyetujui akuisisi sebanyak 36 pesawat F-35A Lightning II sebagai bagian dari program Air2030, berserta lima unit rudal pertahanan udara MIM-104 Patriot. Keputusan ini sebelumnya sempat dibocorkan oleh sumber internal kepada televisi publik SRF dan telah diberitakan pada tanggal 21 Juni 2021.

Program Air2030 dimulai untuk mencari pengganti F-5E Tiger II dan F/A-18C Hornet yang akan mencapai akhir dari service lifenya di tahun 2030, demi menjamin kemampuan Swiss untuk melindungi diri dari ancaman udara.

Yang unik, sebelum keputusan ini diambil, pemerintah Swiss menggelar sebuah referendum (pungutan suara rakyat) pada September 2020 untuk menentukan berapa batas biaya yang diperlukan untuk program ini. Hasilnya, rakyat Swiss memberikan dana sebanyak CHF 6 trilyun (6.49 trilyun USD) untuk pembelian pesawat tempur baru dan CHF 2 trilyun untuk sistem pertahanan udara berbasis darat.

Federal Council melaksanakan evaluasi teknis yang komperhensif untuk empat kandidat pesawat baru yaitu Eurofighter oleh Airbus, F/A-18 Super Hornet oleh Boeing, Rafale oleh Dassault dan F-35A Lightning II untuk Lockheed Martin beserta dua kandidat sistem SAM baru yaitu SAMP/T oleh Eurosam dan MIM-104 oleh Raytheon.

Berdasarkan evaluasi yang telah dilakukan, F-35A Lightning II menjadi pemenang dengan skor total sebesar 336 poin, yang memimpin 95 poin lebih dari kandidat yang lainnya.

Be the first to comment

Tinggalkan Balasan