Syiah Houthi Serang Masjid, Puluhan Pasukan Militer Yaman Tewas dan Terluka

Debrish dari serangan Syiah Houthi ke Masjid di Yaman

Pada 4 Juli, tujuh pejuang Yaman yang didukung Saudi tewas dan hampir 20 lainnya terluka ketika sebuah masjid tempat mereka sedang sholat dihantam oleh amunisi tak dikenal.

Masjid yang mengalami kerusakan parah akibat serangan itu, terletak di kamp Brigade Infanteri ke-5, sebuah unit sayap pro-Saudi dari Angkatan Bersenjata Yaman, di provinsi selatan Abyan.

Sementara beberapa sumber mengatakan bahwa masjid itu dihantam oleh roket berpemandu presisi, yang lain mengatakan serangan itu dilakukan dengan drone bunuh diri.

Sumber dan outlet berita Yaman yang berafiliasi dengan koalisi pimpinan Saudi menyalahkan Houthi (Ansar Allah) atas serangan mematikan itu.

Houthi belum mengomentari serangan itu, sejauh ini. Dalam beberapa minggu terakhir, kelompok pemberontak Yaman itu menyerang beberapa kubu koalisi pimpinan Saudi dan proksinya:

Pada 22 Juni, sepuluh drone bunuh diri menargetkan kamp militer al-Wadi’a koalisi pimpinan Saudi di perbatasan Yaman-Saudi;

Pada tanggal 28 Juni, lima rudal balistik dan lima bom bunuh diri menargetkan kamp pelatihan koalisi pimpinan Saudi dan target militer lainnya di Arab Saudi selatan;

Pada 29 Juni, dua rudal balistik menargetkan dua kamp militer koalisi pimpinan Saudi di provinsi Ma’rib, Yaman tengah.

Kamp koalisi pimpinan Saudi di Yaman dilindungi oleh pertahanan anti udara meski tidak banyak. Biasanya, ratusan pejuang Yaman dikumpulkan di kamp-kamp ini untuk pelatihan sebelum memulai operasi defensif dan ofensif. Faktor-faktor ini membuat kamp-kamp koalisi menjadi target sempurna bagi Houthi.

Be the first to comment

Tinggalkan Balasan