Taiwan Butuh 1200 Rudal Untuk Hadapi China

Saat ini Taiwan sedang mempelajari sebuah pertanyaan “Apa Yang Dibutuhkan Taiwan Untuk Mencegah Invansi China?”, Pemerintah Taiwan tahun lalu melakukan analisis mendalam dengan nama “Joint Theater Level Simulation System”, untuk mendapatkan apa yang dibutuhkan untuk menangkis invansi.

Kesimpulan dari simulasi tersebut adalah, Taiwan terutama harus menenggelamkan setengah dari armada Angkatan Laut China, dan akan membutuhkan setidaknya 1.200 unit rudal anti kapal, ini membutuhkan waktu bertahun tahun untuk Taiwan mendapatkan dengan jumlah tersebut.

Hasil simulasi tersebut, langsung di wujudkan oleh Pemerintah Taiwan dimana pada Mei 2020 lalu, mereka akan menghabiskan $2,4 Miliar (Rp34,5 Triliun) untuk mengakusisi 400 unit rudal Harpoon Block II.

Kata sumber militer Taiwan menyebutkan “400 Harpoon tersebut akan di luncurkan dari 100 unit truk peluncur quad dengan didampingi 25 unit mobile radar, dan 1.200 Harpoon akan di sebar ke seluruh Angkatan Bersenjata Taiwan dengan kombinasi bersama rudal anti kapal buatan lokal Hsiung Feng II dan Hsiung Feng III”.

Diasumsikan setiap rudal anti kapal memililiki 50% hingga 70% tingkat keberhasilan, lalu Angkatan Udara Tiongkok melalukan serangan udara ke Taiwan dan tanpa bantuan Amerika Serikat, 1.200 unit Harpoon hingga rudal anti kapal lokal Taiwan seharusnya cukup menghancurkan setengah armada Angkatan Laut China sekaligus.

Baca Juga:  Australia, Inggris dan AS bentuk aliansi AUKUS untuk hadang hegemoni China di LCS dan Pasifik

Be the first to comment

Tinggalkan Balasan