Taiwan Resmikan Kapal Kelas LPD Buatan Sendiri

Kapal pertama dari kelas baru kapal amfibi multimisi yang dapat membawa pasukan dan peralatan ke pulau lepas pantainya dan pulau lain di Laut Cina Selatan diluncurkan secara resmi oleh Taiwan. Kapal tersebut juga dapat melakukan misi perang permukaan karena dilengkapi dengan rudal anti kapal.

Kapal Landing Platform Dock (LPD), diberi nama Yu Shan (LPD-1401), diambil dari nama gunung tertinggi di Taiwan, diluncurkan di galangan kapal milik BUMN Taiwan CSBC Corporation di kota pelabuhan Kaohsiung selatan Taiwan pada hari Selasa (13/04). Upacara peluncuran dihadiri diantaranya oleh Presiden Taiwan Tsai Ing-wen dan Menteri Pertahanan Chiu Kuo-cheng.

Spesifikasi LPD yang dirilis sebelumnya menunjukkan bahwa kapal itu berbobot 10.600 ton saat terisi penuh dan berukuran panjang 152 meter, atau sekitar 500 kaki, dengan lebar 23 meter. Kecepatan tertinggi LPD dikatakan mencapai 21 knot dengan jangkauan 7.000 mil (12.964km).

Kementerian Pertahanan Nasional Taiwan mengatakan Yu Shan dapat menampung hingga 673 tentara dan dek kendaraannya dapat membawa diantaranya kendaraan amfibi roda rantai AAV7. Kapal ini juga memiliki hanggar kembar untuk helikopter Sikorsky Seahawk dan Black Hawk serta satu flight deck spot untuk melakukan operasi helikopter. Kapal memiliki well dock untuk keluar masuk kapal pendarat.

Tidak seperti LPD pada umumnya, Yu Shan dilengkapi dengan sepasang peluncur rudal yang diyakini untuk mengakomodasi delapan rudal anti-kapal Hsiung Feng II atau 16 rudal permukaan-ke-udara Hai Chien, yang memberikan kapal tersebut kemampuan tempur yang cukup besar.

Baca Juga:  Israel Akui Membantu Pemberontak Suriah Untuk Gulingkan Presiden Bashar

Kapal juga dilengkapi dengan meriam serbaguna 76mm tunggal dan sepasang close-in weapon systems (CIWS) Phalanx untuk pertahanan melawan ancaman rudal.

Yu Shan dijadwalkan akan memasuki kedinasan Angkatan Laut Taiwan pada tahun 2022 setelah konstruksi akhir dan sea trial oleh pembuatnya. Taiwan memiliki kebutuhan sebanyak empat kapal LPD untuk menggantikan armada amfibi AL Taiwan saat ini, yang terdiri dari dua kapal landing ship tank (LST) kelas Newport dan satu kapal landing ship dock (LSD) kelas Anchorage, yang semuanya dibeli bekas dari Angkatan Laut AS.

Sumber : defensenews.com

Channel Militermeter

Be the first to comment

Tinggalkan Balasan