Tank Boat Antasena Bakal Pakai Meriam Kanon Yang Lebih Kecil

Tank Boat Antasena yang masih dalam pengembangan sepertinya akan memakai meriam yang lebih kecil dari rancangan awalnya.

Saat mockupnya kali pertama muncul, Tank Boat ini tampak memakai meriam dengan kaliber 105mm. Tampak gagah bagaikan Tank Kelas MBT yang terapung di laut.

Namun harus diakui, itu tidak efektif, karena deviasi lontaran mortar ke arah sasaran akan sangat besar karena dipengaruhi ombak pantai dan redaman hentakan saat meriam melontarkan peluru.

Beberpaa waktu yang lalu, delegasi kemenhan berkunjung ke pabrik pembuat kubah meriam John Cockerill Belgia pada (28/11/2019). Delegasi Kemhan yang dipimpin oleh Dirjen Pothan Prof Bondan Tiara.

Kunjungan ini dalam rangka pemesanan kubah CPWS (Cockerill Protected Weapon Station) C 3030 yang dapat dipasangi kanon kaliber 30 mm, nantinya kubah ini akan dipasang di tank boat Antasena.

Nah ini baru masuk akal, akan sangat sesuai dengan fungsi Tank Boat yaitu memberi bantuan tembakan pada pasukan yang akan melakukan operasi pendaratan pantai.

Tembakan Canon CPWS C3030 akan lebih presisi dan tidak membahayakan teman karena deviasi nya lebih rendah.

Kubah CPWS Gen 2 ini bukan sembarangan kubah karena sudah mengadopsi dual mode performance stabilizes sight system untuk menghasilkan visual panorama 360 derajat, pola penembakan juga terhubung dengan komputer balistik sehingga bisa mengkoreksi arah tembakan. Kemudian untuk menambah akurasi tembakan kubah juga dilengkapi dengan laser range finder dan thermal camera.

1 Komentar

Tinggalkan Balasan