Tank Karar Iran Diklaim Lebih Canggih dari M1 Abrams Buatan Amerika

Iran yang selama ini menyatakan sebagai negara yang siap melenyapkan Israel dari muka bumi dan siap menghadapi peperangan melawan AS kapan saja, ternyata tidak tinggal diam.

Meski jika peperangan antara Iran- AS atau Israel meletus, militer Iran kemungkinan kecil bentrok di darat, tank-tank canggih Iran, Karrar telah ditingkatkan kemampuannya untuk persiapan perang darat.

Sebagai tank buatan sendiri tank Karrar oleh Iran bahkan diklaim lebih ‘sakti’ dibandingkan tank T-90SM buatan Rusia dan tank M1-Abrams buatan AS.

Sebanyak lebih dari 800 tank Karrar oleh militer Iran memang telah dilengkapi dengan persenjataan canggih yang serba digital.

Persenjataan itu antara lain, rudal anti tank yang sistem tembakkannya dipandu laser, sistem pengarah tembakan untuk senapan mesin, sistem komputer yang memungkinkan hasil tembakan bisa akurat saat siang atau malam, dan lainnya.

Untuk menghancurkan sasaran seperti markas militer dan sasaran berat lainnya, Karrar telah dilengkapi meriam kaliber 125 mm dan tembakkannya dipandu oleh sinar laser.

Sementara untuk senjata senapan mesin antipersonel kaliber 12.7 mm, sistem tembakkannya juga menggunakan Remote Weapon System (RWS) sehingga dijamin bisa menghantam sasaran secara akurat.

Seperti tank T-90 dan Mi-Abrams, tank Karrar agar kebal terhadap gempuran ranjau, roket, RPG,rudal dan senapan mesin berat juga telah dilapisi lembaran baja (reactive armor).

Perbandingan tank karar Iran dengan M1 Abrams. Gambar: The Times

Lapisan baja yang melindungi bodi tank Karrar bahkan merupakan lembaran baja dari generasi paling mutakhir.

Baca Juga:  Futlyar, Torpedo Tercepat Di Dunia Untuk Armada Kapal Selam Nuklir Rusia

Yakni, lembaran baja Explosive Reactive Armour (ERA) yang bisa dipasang di laras meriam dan bagian turret (kubah tank) sehingga makin menjamin keselamatan para awak tank.

Dengan penambahan teknologi seperti itu memang menjadi masuk akal jika militer Iran berani mengklaim bahwa tank-tank Karrar menjadi lebih ‘sakti’ dibanding T-90 dan M1- Abrams.

Sumber: tribunnews.com

Be the first to comment

Tinggalkan Balasan