Tank MBT Abrams Amerika Punya Peluru Baru Penembus Baja

Walaupun terkesan lambat namun AD AS secara pasti terus memodernisasikan berbagai peralatan perangnya salah satunya simbol perang AD AS yaitu Main Battle Tank (MBT) M1A1 Abrams.

Seperti diberitakan oleh Defence Blog (20/12/2019) Alliant Techsystem Inc (ATK) yang merupakan anak perusahaan Northrop Grumman menerima kontrak senilai 100,2 Juta USD untuk memproduksi peluru M829A4 kaliber 120 mm varian Armour Piercing Discarding Sabot with Tracer (APFSDS-T).

Kontrak tiga tahun tersebut diatas untuk mendanai peluru M829A4 Advanced Kinetic Energy yang secara khusus diperuntukan bagi tank Abrams baik varian lawas M1A1 ataupun varian paling baru M1A2

Sejatinya varian A4 adalah peluru yang khusus dibuat untuk tank M1A2 SEP (System Enhancement Package) Abrams, dikembangkan oleh General Dynamics Ordnance & Tactical Systems dan Alliant Techsystems (ATK) dan mendapatkan izin untuk diproduksi penuh pada tahun 2011 dengan nilai kontral 77 juta USD selama 3 tahun.

M829A4 adalah peluru penembus baja (APFSDS-T) generasi kelima yang terdiri dengan penetrator radioaktif uranium (Depleted Uranium/DU) dengan Sabot komposit Three Petal. Selain itu kelebihan lainnya propelannya mampu bertahan pada suhu -32 hingga 630C yang artinya peluru ini masih layak untuk ditembakan pada lingkungan dingin seperti di kutub atau lingkungan yang panas seperti di gurun Timur Tengah.

Walaupun tidak diketahui sampai berapa kuat peluru ini mampu menembus ketebalan baja namun tank-tank Rusia wajib waspada jika bertemu dengan Monster Darat AS di palagan Eropa Timur yang merupakan surganya MBT untuk bertempur.

Baca Juga:  Polandia Beli 32 Unit F-35 Dari Amerika Buat Menggantikan Pesawat Rusia

Sumber: World Defense Zone

Be the first to comment

Tinggalkan Balasan