Tank MBT Arjun India Sukses Uji Coba Rudal Anti Tank

Tank kelas berat buatan India, Main Battle Tank (MBT) Arjun dilaporkan sukses jalani uji tembak pertama pelur kendali (rudal) GLATGM (Gun Launched Anti Tank Guided Missile). Yaitu rudal anti tank dengan pemandu sasaran.

Rencananya Rudal ini akan juga digunakan pada berbagai kendaraan yang beroperasi pada Angkatan Darat India, sebagai senjata organik.

Uji tembak senjata baru GLATGM dilakukan oleh tim DRDO (Organisasi Penelitian dan Pengembangan Pertahanan) India di KK Ranges (ACC & S) di Ahmednagar. Menurut DRDO, dalam uji coba tersebut, rudal berhasil menghancurkan sasaran pada jarak 3 km. Rudal itu dilengkapi dengan hulu ledak tandem HEAT (high-explosive anti-tank) untuk mengalahkan kendaraan lapis baja yang dilindungi Explosive Reactive Armor (ERA).

Kemampuan GLATGM (Gun Launched Anti Tank Guided Missile) ini akan meningkatkan kemampuan MBT Arjun untuk memberi angkatan bersenjata India respons yang sepenuhnya efektif untuk tantangan operasional yang berat.

Jenis rudal anti-tank yang diluncurkan oleh meriam tank tempur utama juga dikembangkan oleh negara lain seperti Belgia dengan Falarick 105, dikembangkan bersama dengan perusahaan Belgia John Cockerill dan Biro Desain Luch dariUkraina. Rudal anti-tank kaliber 105 mm ini dirancang khusus untuk diluncurkan dari meriam Cockerill, yang dikembangkan oleh John Cockerill.

Sebagian besar tank tempur utama Rusia juga mampu menembakkan peluru kendali anti-tank dari meriam utama. 9M119 Svir dan 9M119M Refleks adalah rudal anti-tank berpemandu laser yang dikembangkan di bekas negara Uni Soviet. Kedua rudal itu serupa tetapi berbeda dalam jangkauan dan platform peluncuran. Keduanya dirancang untuk ditembakkan dari meriam tank smoothbore 125 mm dan meriam anti-tank (2A45, 2A46 dan 2A46M). Kedua rudal memiliki jangkauan operasional dari 4.000 hingga 5.000 m.

Baca Juga:  NRS-2 Pisau Komando Berpeluru Milik Pasukan Khusus Spetsnaz Rusia

Arjun adalah tank tempur utama buatan India yang juga dikembangkan bekerjasama dengan Rusia dalam desain dan Israel dalam persenjataan. Salah satunya tank ini mampu menembbakan rudal LAser Homing Anti-Tank (LAHAT) Israel. LAser Homing Attack Missile, atau LAHAT, adalah rudal canggih yang dikembangkan dan diproduksi oleh MBT Division of Israel Aerospace Industries (IAI).

Sumber : armyrecognition.com

Be the first to comment

Tinggalkan Balasan