Thailand Targetkan Punya Satu Skuadron Penuh Pesawat F-35 Pada 2034

gambar: US Marine Corps / Reuters

Angkatan Udara Kerajaan Thailand telah mengirim surat kepada pemerintah AS untuk meminta pengadaan pesawat tempur generasi kelima Lockheed Martin F-35A. Akuisisi pesawat dapat mendorong RTAF untuk mempensiunkan jenis pesawat tempur lama yang beroperasi, seperti F-5 Northrop dan Lockheed Martin F-16A/B.

Dalam proposal tersebut, Thailand telah menyatakan minat untuk memiliki setidaknya 12 unit (1 Skuadron) Lockheed Martin F-35A Lightning II Joint Strike Fighters yang diharapkan bisa beroperasi pada tahun 2034.

Sebuah sumber di Angkatan Udara Kerajaan Thailand (RTAF) mengatakan kepada Janes bahwa angka-angka ini termasuk batch awal dua F-35A yang diharapkan diperoleh RTAF antara tahun 2026 dan 2027. Sumber tersebut menambahkan bahwa RTAF telah mengirim surat ke Pemerintah AS meminta pengadaan batch awal ini. “Surat itu dikirim pada September 2021,” kata sumber itu.

Janes.com mengetahui bahwa pengadaan potensial telah dibagi menjadi tiga tahap. Selama Fase 2 akuisisi, RTAF mengatakan akan memperoleh empat F-35. RTAF berharap untuk memperoleh batch terakhir dari enam F-35 pada tahun 2032.

Baca Juga:  Rusia Beri Tawaran Menggiurkan pada India