Thailand Tegaskan Hanya Menginginkan Pesawat F-35 Untuk Gantikan F-16

Panglima Angkatan Udara Kerajaan Thailand (RTAF) Panglima Angkatan Udara Marsekal Alongkorn Wannarot menghadiri peringatan 50 tahun pengabdian pesawat “Fairchild AU-23A Peacemaker” pesawat jenis, kontra-pemberontakan dan pesawat angkut utilitas Skuadron 501, Wing 5 yang bertugas sejak 1972 di Wing 5 Pangkalan RTAF di Provinsi Prachuap Khiri Khan pada 24 November 2022.

Setelah upacara, media Prachuap Khiri Khan Thai mewawancarai Panglima Angkatan Udara Kerajaan Thailand tentang kemajuan negosiasi pembelian Pesawat buatan Lockheed Martin F-35A Lightning II dari Amerika Serikat.

Komandan Royal Thai Air Force juga mengonfirmasi bahwa Royal Thai Air Force hanya memilih jet tempur F-35A AS untuk menggantikan jet tempur Lockheed Martin F-16A/B Fighting Falcon yang sudah tua. Dia juga menegaskan bahwa 1 F-35 dapat menggantikan hingga 3 F-16.

Namun, harus menunggu kejelasan bahwa Kongres AS akan menyetujui kemungkinan penjualan pada Januari hingga Juli pada 2023 dan tidak ada rencana lain untuk melihat jet tempur lain jika Amerika Serikat tidak menyetujui penjualan tersebut. Tetapi jika Amerika Serikat telah mengirimkan satu sinyal, mereka siap menyambernya langsung.

Baca Juga:  Miho Otani : Komandan Wanita Pertama Kapal Perang Jepang