Tim Evakuasi Medis Laut Lantamal IX Bersama Basarnas Dan Bakamla Laksanakan Renang Laut Menyeberangi Teluk Ambon

Setelah memberikan teori pelajaran tentang kesehatan kelautan dan Evakuasi Medis Laut (EML) kepada 114  Mahasiswa Poltekes Kemenkes Maluku, Senin (10/4), Tim Evakuasi Medis Laut Lantamal IX hari ini bersama Instansi terkait yaitu Badan SAR Nasional (Basarnas) Ambon dan Badan Keamanan Laut (Bakamla) Zona Timur melaksanakan Uji Kemampuan  Renang Laut, di Teluk Ambon, Selasa (11/4).

Renang laut tersebut sebagai bentuk latihan kemampuan dasar dan kesiapan lanjutan dalam tindakan penyelamatan korban kecelakaan di laut serta proses evakuasi ke tempat aman agar korban mendapatkan perawatan dan pengobatan yang lebih intensif.

Rute renang dengan jarak kurang lebih 2,5 km dimulai dari pantai Kate – kate Ambon dan finish di Dermaga Beaching Mako Lantamal IX dengan diikuti oleh personel dari Tim Evakuasi Medis Laut Lantamal IX, Basarnas dan Bakamla dengan di dukung 5 perahu karet dari Satkamla Lantamal IX dan Basarnas Ambon sebagai Tim SAR.

Komandan Lantamal IX Laksamana Pertama TNI Nur Singgih Prihartono, SE. M. Tr (Han) mengapresiasi kegiatan latihan renang laut gabungan. Karena selain untuk  mengetahui kemampuan personil  sekaligus  refreshing. Renang adalah hal terpenting dan mendasar  bagi personel pada saat melaksanakan penyelamatan kecelakaan di laut dengan tujuan meningkatkan kemampuan sekaligus menguji ketahanan saat melaksanakan penyelamatan korban kecelakaan di laut maupun korban tenggelam.

Be the first to comment

Tinggalkan Balasan