Tingkatkan Skill, AU Vietnam Gunakan 2 Pesawat Latih Tempur Berbeda

Jika TNI AU hanya memiliki satu platform pesawat latih supersonik yaitu FA-50 Golden Eagle buatan Korea Selatan. Berbeda dengan AU Vietnam yang dalam 5 tahun ke depan akan memiliki dua jenis pesawat latih supersonik yang berbeda platform.

Dalam 5 tahun ke depan, Angkatan Udara Rakyat Vietnam akan mengoperasikan dua pedawat latih tempur supersonik yaitu pesawat Aero L-39NG buatan Ceko dan Yakovlev Yak-130 buatan Rusia, masing-masing 12 pesawat.

Dua pesawat jet latih ini jelas berbeda, tapi kenapa Vietnam nekad?

Pada tahun 2017 Kolonel Senior Nguyễn Tiến Học, kepala departemen pelatihan di Sekolah Perwira Angkatan Udara, menjelaskan, bahwa program pelatihan pilot tempor 5 tahun lagi akan diterapkan program baru untuk menggantikan program lama. Selama ini mereka menggunakan pesawat L-39 Albatros buatan Ceko.

Dengan membeli dua jenis pesawat latih tempur, para pilot AU Vietnam akan berlatih dogfight sejak dini. Selama ini mereka tidak dilatih dogfight selama pelatihan menggunakan pesawat latih.

Baru setelah lulus dan memegang pesawat tempur murni sepertk Sukhoi Su30 atau Su-29 mereka latihan dogfight di skuadron masing-masing.

Pesawat L-39 Albatros di inventaris AU Vietnam juga sudah mulai mencapai akhir masa pensiun mereka meskipun perawatan & perbaikan terus-menerus. Kematian mengerikan seorang pelatih pilot dalam kecelakaan tahun 2016 membuat pemerintah bergerak cepat untuk mendapat pesawat pengganti.

Baca Juga:  India Tambah 6 Helikopter Serang Apache, Total 28 Unit Untuk Angkatan Darat

Dan deal! mereka sudah lebih dulu membeli Yak-130 dari Rusia. Pesawat ini untuk lebih mempersiapkan taruna sebelumnya mengendari pesawat Su-30MK2 / 27SK / 27UBK.

Belum puas, mereka pun menyusun progra. pelatihan selama 5 tahun dan menambah pesawat latih, yaitu L-39NG, generasi terbaru dari Albatros.

Kurikulum lima tahun pelatihan itu terdiri dari:
– Selama dua tahun pertama dari program pelatihan 5 tahun itu, murni belajar teori dan akademis.

– Pada tahun ke-3, taruna akan memulai pelatihan penerbangan dasar di Yak-52 Sekolah Perwira Angkatan Udara (Vietnam berencama membeli pesawat yg lebih baru yaitu Yak-152 dan T-6 Texan II untuk menggantikan Yak-52).

– Selama tahun ke-4, para kadet akan dilatih menggunakan L-39NG

– Lalu pada tahun ke-5 pindah ke Yak-130.

Juga diharapkan ada pelatihan terpisah untuk pilot transportasi / helikopter di pesawat bermesin ganda sayap tetap seperti Casa-295 & Casa-212.

Keren kan pendidikan pilot tempur di Vietnam ini.

1 Komentar

  1. Keren…beda jauh dg negri kita yg jauh lbih kaya dan luass serta makmur…alutsista nomer 2…yg penting prajurit d latih …wkwkwk…jd umpan rudal dlm perang modern…kasian prajurit kita…semoga pemerintah bsa gerak cepat dlm akuisisi senjata…ga lamban seperti saat ini…

1 Trackback / Pingback

  1. Vietnam Incar Pesawat T-6 Texan II Untuk Kurikulum Baru Pelatihan Pilot Tempur – MiliterMeter.com

Tinggalkan Balasan