TNI AL dan AL India Gelar Latihan Bareng “Samudra Shakti”

Kapal Angkatan Laut India INS Shivalik (F47) dan INS Kadmatt (P29) tiba di Jakarta, Indonesia pada tanggal 18 September 2021 untuk mengambil bagian dalam Latihan Bilateral ‘Samudra Shakti’ edisi ketiga dengan Angkatan Laut Indonesia (TNI AL), yang berlangsung dari 20 hingga 22 September 2021 di lepas pantai pantai Selat Sunda, demikian Angkatan Laut India mengumumkan.

Latihan Samudra Shakti bertujuan untuk mempererat hubungan bilateral, meningkatkan saling pengertian, dan meningkatkan interoperabilitas operasi maritim kedua angkatan laut. Selain itu, latihan ini akan berfungsi sebagai forum untuk pertukaran praktik terbaik dan pengembangan pemahaman bersama tentang operasi keamanan maritim.

Kapal Angkatan Laut India INS Shivalik dan INS Kadmatt adalah salah satu frigat siluman dan korvet anti-kapal selam terbaru yang dirancang dan dibangun secara lokal. Mereka ditugaskan ke Armada Timur Angkatan Laut India, yang bermarkas di Visakhapatnam dan dipimpin oleh Komando Angkatan Laut Timur.

Pesawat Pengintai Maritim Jarak Jauh P8I Angkatan Laut India, yang mampu melakukan perang anti-kapal selam, juga ikut serta dalam latihan tersebut. TNI Angkatan Laut diwakili oleh KRI Bung Tomo-357, KRI Malahayati-362, dan Pesawat Patroli Maritim dan Intai CN-235-220.

Latihan ‘Samudra Shakti’ digagas pada tahun 2018 sebagai latihan bilateral IN-IDN sesuai dengan Kebijakan Bertindak Timur India. Latihan ini telah berkembang dalam kompleksitas selama dua edisi terakhir dan akan mencakup operasi maritim yang kompleks seperti Military Interdiction Operations (MIO), Pendaratan Lintas Dek, serial Pertahanan Udara, Latihan Penembakan Senjata, Pendekatan Pengisian Ulang, dan Manuver Taktis.

Baca Juga:  TNI Rancang Senapan Khusus Untuk Latihan Dopper

Sesuai kebijakan yang ada, Latihan Samudra Shakti edisi ketiga akan dilakukan di lingkungan aman Covid dengan tujuan untuk meningkatkan kerja sama maritim antara kedua angkatan laut dan menjalin ikatan persahabatan yang kuat di seluruh Indo Pasifik.

Be the first to comment

Tinggalkan Balasan