Transfer Teknologi, SAAB Swedia Mulai Produksi Pesawat Gripen di Brazil

Saab Aeronáutica Montagens (SAM) Brasil, pabrik aerostruktur pertama Saab di luar Swedia untuk pesawat tempur Gripen E/F yang baru, mencatat sejarah penting dengan dimulainya produksi Gripen di Brasil.

Situs ini akan membangun bagian-bagian dari Gripen, yang kemudian akan dikirimkan ke fasilitas perakitan akhir di pabrik Embraer di Gavião Peixoto, São Paulo, Brazil dan ke Linköping, Swedia.

Pada tahun 2014, Saab menandatangani kontrak dengan pemerintah Brasil untuk pengembangan dan produksi 36 pesawat Gripen E/F. Pada bulan September tahun lalu, pesawat Gripen E Brasil pertama dikirim untuk memulai program uji terbang. Sekarang, tonggak sejarah baru telah tercapai, dimana produksi Gripen dimulai di pabrik SAM, yang terletak di São Bernardo do Campo, sebuah kota di daerah metropolitan São Paulo di Brasil.

Tail cone dan fuselage depan pesawat tempur Gripen E versi kursi tunggal adalah aerostruktur pertama yang masuk ke produksi di SAM. Selanjutnya, aerodynamic brake, fuselage belakang, wing box, dan fuselage depan untuk versi dua tempat duduk juga akan diproduksi di SAM.

“Ini adalah hasil lain dari Transfer Teknologi (T.o.T) program Gripen. Berdasarkan pelatihan teoretis dan praktis di tempat kerja para engineer dan assembler Brasil di Saab di Linköping, kami dapat membangun jalur produksi yang sangat berkualitas di SAM, mengikuti standar yang sama yang kami miliki di pabrik kami di Swedia,” kata Jonas Hjelm, kepala area bisnis Saab Aeronautics.

Baca Juga:  Inggris Berencana Gandeng India Untuk Buat Pesawat Siluman Tempest

Saat ini, SAM memiliki lebih dari 70 karyawan yang berkualifikasi tinggi, setengahnya berpartisipasi atau telah berpartisipasi dalam Program T.o.T di Swedia. Sebagian dari karyawan ini telah menyelesaikan pelatihan dan kembali untuk memulai produksi di Brasil.

Brasil telah memesan 28 jet Gripen E kursi tunggal yang akan dikirim ke Brasil mulai dari 2021 dan delapan jet Gripen F kursi ganda, mulai dari 2023. Gripen F juga ditawarkan oleh Saab ke Finlandia untuk program penggantian pesawat tempur mereka.

Pada awal tahun ini, Saab melakukan pemotongan logam pertama untuk pesawat tempur Gripen F, menandai tonggak penting dalam program ini. Bagian pertama dibuat baru-baru ini di fasilitas Saab di Linköping, Swedia dan untuk air duct section, tepat di belakang kokpit pesawat.

Sumber : defpost.com, via TSM

Be the first to comment

Tinggalkan Balasan