Trump Izinkan Penjualan F-22 ke Israel

Amerika Serikat akhirnya mengizinkan penjualan pesawat F-22 Raptor ke negara lain, dan negara itu adalah Israel. Penjualan ini telah mendapat persetujuan dari Presiden Amerika Serikat Donald Trump.

Penjualan ini sekaligus jaminan AS untuk terus memastikan kekuatan militer Israel adalah yang nomer satu di kawasan timur tengah.

Hal itu terungkap dalam kunjungan singkat Menteri Pertahanan AS Mark Esper ke Israel untuk menemui Menteri Pertahanan Israel Benny Gantz dilanjutkan dengan pertemuan dengan Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu pada Kamis, 29 Oktober 2020.

Esper memberi tahu kedua pejabat Israel bahwa Presiden Donald Trump telah menyetujui penjualan jet tempur F-22 dan bom berpemandu presisi. Demikian sumber senior di Tel Aviv sebagaimana diberitakan oleh Times of Israel mengutip pemberitaan Asharq Al-Awsat yang berbasis di London.

Belum diketahui apakah F-22 yang akan dijual kepada Israel merupakan pesawat yang kini digunakan oleh Angkatan Udara Amerika Serikat (USAF) atau pesawat yang akan dibuat baru. Karena, produksi F-22 sendiri telah dihentikan tahun 2011.

F-22 hanya dioperasikan oleh USAF sebanyak 183 unit.

Baca Juga:  Krisis Pilot, Marinir AS akan Kurangi Jumlah Pesawat F-35

Channel Militermeter

Be the first to comment

Tinggalkan Balasan