Turki Ekspor Ranpur Lapis Baja Hizr Ke Gambia

Produsen kendaraan darat Turki Katmerciler, yang telah memiliki hubungan bisnis yang kuat di Afrika, mengekspor Kendaraan Tempur Lapis Baja Beroda 4×4 Hızr ke Gambia, menurut situs pertahanan Turki pada hari Senin.

DefenseTurk mengatakan dalam sebuah laporan berdasarkan informasi dan gambar sumber terbuka, bahwa perusahaan, yang sebelumnya mengekspor ke Kenya, Uganda, dan negara yang dirahasiakan, sekarang menjual kendaraan Hızr-nya ke Gambia.

Tahun lalu pada bulan Agustus, dilaporkan bahwa Gambia menandatangani perjanjian dengan Katmerciler untuk pembelian kendaraan tersebut, tetapi belum ada pengumuman resmi tentang masalah tersebut.

Laporan DefenseTurk mengatakan gambar terbaru yang juga beredar di media sosial mengungkapkan bahwa kendaraan Hızr yang disamarkan sedang dikirim ke negara Afrika.

Furkan Katmerci, wakil ketua Dewan Eksekutif Katmerciler, sebelumnya mengatakan bahwa “pergerakan ekspor perusahaan menuju negara-negara sahabat dari berbagai belahan dunia, khususnya Afrika, terus berlanjut.”

Pada Maret 2021, delegasi Gambia yang dipimpin oleh Menteri Pertahanan Gambia Seikh Omar Faye mengunjungi Turki di mana ia disambut oleh Menteri Pertahanan Nasional Turki Hulusi Akar.

Dalam pertemuan tersebut terjadi pertukaran pandangan tentang keamanan bilateral dan regional, masalah pertahanan dan peluang kerjasama di industri pertahanan.

Perjanjian Kerjasama dan Pelatihan Militer yang diperbarui antara kedua negara juga ditandatangani oleh Akar dan Faye setelah pembicaraan tersebut.

Hızır yang sepenuhnya asli adalah kendaraan 400 tenaga kuda, yang memberikan perlindungan tinggi terhadap ranjau dan bahan peledak buatan tangan. Itu diproduksi untuk kondisi konflik dengan kemampuan manuver yang tinggi dan fortifikasi balistik.

Baca Juga:  Legion Pod Lockheed Martin Selesai Uji Terbang Perdana Pada Pesawat F-15C

Ini dirancang untuk bekerja dengan baik di bawah kondisi konflik yang intens di daerah pedesaan dan perkotaan, memberikan perlindungan tingkat tinggi.

Setelah dikembangkan untuk memenuhi standar NATO dan berhasil melewati semua uji kinerja dan ledakan, kendaraan ini disetujui oleh organisasi pengujian internasional independen.

Katmerciler pada Juli 2021 menandatangani kontrak dengan Kementerian Pertahanan Kenya untuk menyediakan produk kendaraan lapis baja bagi negara Afrika itu termasuk Hızır.

Kontrak tersebut, senilai $91,4 juta, dijuluki sebagai kesepakatan ekspor tunggal terbesar perusahaan.

Be the first to comment

Tinggalkan Balasan