Turki Incar Penjualan Drone Bayraktar Ke Jepang

Drone Bayraktar TB2 buatan Turki terlihat saat latihan parade militer yang didedikasikan untuk Hari Kemerdekaan, di Kyiv, Ukraina, 20 Agustus 2021. (AP Photo)

Pesawat tak berawak Bayraktar menjadi sebuah ikon baru dalam waktu belakangan ini, dimana drone TB-2 sangat berhasil menghancurkan kendaraan kendaraan lapis baja dan objek lainnya di Azerbaijan, Suriah, Libya dan baru baru ini di Ukraina.

Tahun 2020 lalu, Azerbaijan sukses menghancurkan banyak kendaraan militer Armenia dengan TB-2 Bayraktar, meski sempat di ragukan, nyatanya Bayraktar juga sangat ampuh membuat tank tank Rusia berantakan. Ini diharapkan menjadi keuntungan bagi penjualan perusahaan Bayraktar di masa depan, dimana kini industri drone Turki telah mengarahkan perhatiannya ke Asia.

Haluk Bayraktar, CEO dari Baykar Defense, mengatakan bahwa di Asia adalah peluang besar bagi industri drone Turki, dimana Tiongkok saat ini sempit kemungkinan menjual drone drone mereka ke negara negara tetangganya, yang semuanya notaben bermusuhan dengan Tiongkok.

Baykar saat ini sedang mengerjakan drone TB-3 generasi berikutnya yang dapat lepas landas dan mendarat dari kapal induk dan mendaratkan kapal helicopter dock.

“TB-3 yang akan datang akan sangat cocok untuk platform kelas Izumo Jepang” kata CEO. Dengan ukuran lebih kecil dan sayap lipat, kelas Izumo sangat mampu membawa TB-3 dalam jumlah banyak. Keseriusan Baykar memfokuskan penjualannya ke Asia, beberapa waktu lalu mereka membuka kantor resmi di Selangor, Malaysia.

Baca Juga:  Presiden Iran Minta Maaf Telah Tembak Pesawat Ukraina

Be the first to comment

Tinggalkan Balasan