Turki Kirim Drone Bayraktar Pertama Pesanan Ukraina

Perusahaan Baykar Savunma dari Turki telah menyerahkan drone tempur Bayraktar TB2 pertama ke Angkatan Laut Ukraina.

“Drone naval Bayraktar TB2 pertama telah diserahkan ke Ukraina. Kami sedang melakukan acceptance test akhir di pangkalan,” kata Andriy Taran, Menteri Pertahanan Ukraina seperti dikutip oleh Kementerian Pertahanan di Twitter, Kamis.

Angkatan Darat Ukraina sudah memiliki beberapa UAV Bayraktar dalam inventarisnya. Awal bulan ini, Angkatan Darat Ukraina mengerahkan drone Bayraktar TB2 yang dipersenjatai dengan MAM-C, varian high explosive dari keluarga amunisi pintar mikro MAM buatan Roketsan, dalam latihan multinasional Sea Breeze 2021 yang diadakan di Laut Hitam bersama AS dan 30 negara lainnya.

Ukraina ingin membeli lebih banyak lagi drone Bayraktar TB2 dan bahkan berencana untuk membangun fasilitas untuk memproduksinya bersama dengan Turki.

Menyusul meningkatnya ketegangan antara Rusia dan Ukraina, Bayraktar TB2 telah melakukan penerbangan pengintaian pada 9 April 2021, di atas wilayah Donbas. Ini adalah operasionalisasi pertama pesawat tak berawak itu oleh pasukan Ukraina dalam zona konflik aktif.

Baca Juga:  Jenderal Iran Tewas Dirudal AS, Ini Komentar Rusia dan China

Channel Militermeter

1 Trackback / Pingback

  1. Setelah Drone, Perusahaan Senjata Asal Turki Berlomba Bikin Tank Tanpa Awak – MiliterMeter.com

Tinggalkan Balasan