Turki Siap Bantu Azerbaijan Melawan Armenia Pakai Pasukan Bayaran dari Suriah

Turki sepertinya benar-benar mewujudkan faham Neo Utsmani dengan terus mengirim kekuatan militernya ke negara-negara tetangganya. Setelah menginvasi Suriah dan Libya, kali ini Turki bersiap mengirim kekuatan militer ke Azerbaijan untuk berperang melawan Armenia.

Dilaporkan oleh media Southfront.org, 1.000 tentara bayaran Turki yang berasal dari kelompok pemberontak Tentara Nasional Suriah siap dikirim ke Azerbaijan pada akhir September ini untuk bertugas selama 6 bulan.

Mereka akan ditempatkan di sepanjang jalur perbatasan Armenia-Azerbaijan di daerah Nagarno Karabakh yang kaya cadangan minyak dan gas bumi, yang selama ini diperebutkan oleh kedua negara.

Beberapa reportase menyebut, bahwa selama konflik Azerbaijan-Armenia pada bulan Juli, Turki telah mengerahkan tentara bayaran asal Suriahnya untuk mendukung pasukan Azerbaijan dalam melawan Armenia.

Gaji bulanan seorang tentara bayaran Turki asal Suriah di zona pertempuran dilaporkan mencapai 2.500 USD selama 6 bulan kontrak.

Aktivis lokal bahkan mengklaim bahwa intelijen Turki sedang dalam pembicaraan dengan Hay’at Tahrir al-Sham yang berafiliasi dengan al-Qaeda untuk merekrut unit pasukan khusus berkekuatan 300 orang yang akan dikerahkan di Azerbaijan untuk melakukan operasi khusus di perbatasan dengan Armenia.

Turki adalah sekutu strategis jangka panjang Azerbaijan dan kepemimpinannya telah berulang kali menyatakan kesiapannya untuk mendukung mereka dengan segala jenis tindakan, termasuk tindakan militer, jika terjadi eskalasi skala penuh di wilayah tersebut.

Baca Juga:  Kawasaki Luncurkan Kapal Selam Kelas Soryu Untuk AL Jepang

Meskipun demikian, bentrokan bulan Juli berakhir tanpa berubah menjadi perang regional baru dan pihak berwenang Turki dan Azerbaijan segera mengecam laporan tentang potensi penggunaan militan Suriah terhadap Armenia sebagai berita palsu.

Turki telah aktif menggunakan proksi Suriahnya, yang sering dikaitkan dengan al-Qaeda, dalam konflik Timur Tengah. Secara khusus, ribuan militan Suriah dikirim ke Libya untuk mendukung Pemerintah Kesepakatan Nasional yang berbasis di Tripoli. Oleh karena itu, penempatan kelompok-kelompok militan pro-Turki di Azerbaijan bukanlah skenario yang sangat tidak mungkin seperti yang diklaim oleh Ankara dan Baku.

1 Trackback / Pingback

  1. Disokong Turki, Azerbaijan Mulai Perang Melawan Armenia Untuk Merebut Kawasan Nagarno Karabakh – MiliterMeter.com

Tinggalkan Balasan