Turki Tawarkan Mesin Helikopter Buatan Italia Pada Filipina

Pengiriman helikopter ATAK T129B buatan Turki ke Filipina dipastikan akan berlanjut. Sebelumnya, transaksi penjualan ini dijegal oleh Amerika Serikat.

Amerika Serikat yang melarang penggunaan mesin helikopter LHTEC CTS800 asal perusahaan Amerika Serikat pada T129B Atak. Tanpa mesin tersebut, mustahil bagi Turki untuk memasarkan Atak kepada negara negara pasar global, oleh karena itu Turki sedang melakukan pengembangan mesin helikopter lokal dan siap diproduksi paling cepat tahun 2024 mendatang.

Nah, Filipina mengancam akan membatalkan pesanan karena tidak mau menunggu selama itu. Pihak AU Filipina juga tidak mau jika helikopter itu
jika menggunakan mesin lokal Turki yang belum terbukti di lapangan, ini karena Filipina ingin menggunakan peralatan militer dengan produk yang sudah terbukti, PAF tidak ingin menjadi kelinci percobaan dari produk yang belum jelas. DND

Turki mencari jalan keluar dengan melakukan komunikasi bersama Leonardo Italia untuk menyuplai mesin kepada T129B Atak, dengan skenario Turki mendatangkan helikopter tersebut ke Filipina tanpa mesin dan PAF akan memasangkan mesin asal Leonardo Italia. Jika skenario ini terjadi, maka uji penerbangan Atak akan dilakukan di Filipina dan begitu juga pemeriksaan layak terbang.

Jika lancar, tahun depan helikopter ini sudah bisa memperkuat AU Filipina.

Baca Juga:  Jepang Mengubah Kapal Perang Izumo Class Jadi Kapal Induk

Be the first to comment

Tinggalkan Balasan