Ukraina Beli 26 Meriam Howitzer Bekas Belgia Melalui Perusahaan Swasta

Meriam howitzer self-propelled M109 155 mm milik bekas Angkatan Darat Belgia dijual ke Ukraina oleh sebuah perusahaan swasta, kata Menteri Pertahanan Belgia Ludivine Dedonder pada 1 Juni 2022.

Pada tahun 2008, tentara Belgia menarik 108 howitzer M109A4BE dari layanan militernya. Kemudian semuanya dijual ke dua perusahaan swasta, Flanders Technical Supply dan OIP Land Systems.

Ukraina membeli howitzer dari OIP Land Systems. Perusahaan tersebut diperkirakan telah membeli 44 howitzer M109A4BE milik tentara Belgia. Pada tahun 2018, ia menjual 18 howitzer ke AS dalam kesepakatan ekspor ulang. Ini berarti bahwa Ukraina mungkin telah membeli 26 howitzer yang tersisa.

Menurut Dedonder, tentara Belgia ingin membeli kembali howitzer M109A4BE dari OIP Land Systems. Namun, perusahaan memberi harga howitzer lebih dari sepuluh kali lipat dari harga penjualannya.

Perlu dicatat bahwa Ukraina juga menerima sekitar 20 howitzer M109A3GN dari Norwegia. Beberapa dari howitzer ini telah terlihat menuju garis depan di wilayah Donbass.

Baca Juga:  Dimediasi Rusia, Suriah dan Israel Saling Tukar Tahanan

Be the first to comment

Tinggalkan Balasan