Ukraina dan Inggris Tekan Kerjasama Bikin Kapal Perang dan Pangkalan Angkatan Laut

Penandatangan kerjasama antara Inggris dan Ukraina. Foto: Royal Navy

Ukraina dan Inggris telah menyepakati pembangunan bersama kapal perang dan pangkalan untuk Angkatan Laut domestik, layanan pers Kementerian Pertahanan Ukraina mengumumkan.

Pada 21 Juni di Odesa di atas kapal perusak rudal HMS DEFENDER milik Inggris, Menteri Pengadaan Pertahanan Inggris Jeremy Quin dan Wakil Menteri Pertahanan Ukraina Oleksandr Myroniuk menandatangani “sebuah memorandum tentang proyek kemitraan maritim antara konsorsium industri Inggris dan Angkatan Laut Ukraina, ” kata kementerian.

Secara khusus, memorandum tersebut mengatur desain dan konstruksi bersama kapal perang di Ukraina dan Inggris Raya, rekonstruksi perusahaan pembuatan kapal Ukraina dan pembangunan dua pangkalan Angkatan Laut Ukraina.

Upacara penandatanganan berlangsung di atas salah satu kapal paling modern Angkatan Laut Kerajaan, HMS Defender, dan disaksikan oleh Sekretaris Dewan Keamanan dan Pertahanan Nasional Ukraina Oleksiy Danilov, First Sea Lord Laksamana Tony Radakin dan Duta Besar Inggris untuk Ukraina Melinda Simmons.

Mereka juga mengamati kegiatan latihan bersama pasukan khusus Ukraina, Inggris dan AS.

HMS Defender tiba di Odesa pada hari Jumat, 18 Juni. Kapal perang megah ini merupakan kapal AL Inggris kedua yang mengunjungi Odesa dalam beberapa minggu terakhir setelah HMS TRENT.

Proyek angkatan laut bersama dan kunjungan kapal perang reguler adalah contoh penting dari hubungan erat antara Inggris dan Ukraina, sebagai mitra dan negara sahabat.

Baca Juga:  Rusia: Penempatan Rudal THAAD AS di Korsel Bisa Picu Ketegangan

“Ini adalah langkah lain dalam pengembangan kerja sama bilateral antara Ukraina dan Inggris, yang bertujuan untuk memperkuat armada Ukraina karena terus menghadapi bahaya di Laut Hitam dan Azov,” kata kementerian pertahanan Ukraina.

Inggris akan membantu Ukraina menghidupkan kembali industri pembuatan kapalnya, kata kementerian pertahanan Ukraina. Kedua negara akan merancang dan membangun kapal perang di Ukraina dan di Inggris dan mendirikan dua pangkalan untuk angkatan laut Ukraina.

Channel Militermeter

Be the first to comment

Tinggalkan Balasan