Ukraina Salah Tembak, Dikira Su-25 Rusia Ternyata Teman Sendiri

Insiden salah tembak atau friendly Fire kembali terjadi di Ukraina dan dilakukan oleh tentara Ukraina sendiri. Sebuah pesawat Su-25 milik AU Ukraina ditembak oleh pejuang Ukraina sendiri. Mereka mengira pesawat tersebut adalah milik Rusia si musuh.

Pada 5 Mei, pasukan Ukraina merayakan “kemenangan” tersebut. Video yang menunjukkan sebuah pesawat yang dicegat di Ukraina tersebar luas di media sosial dengan laporan bahwa Su-25 Rusia ditembak jatuh di dekat kota Orekhovo di wilayah Zaporozhye.

Namun Rusia membantah jika Su-25 tersebut adalah armadanya. Sumber-sumber Rusia membagikan video lain dari sebuah drone yang menunjukkan bahwa sebuah pesawat Ukraina dihancurkan di atas garis depan Donbass. Itu dilaporkan dicegat oleh pasukan Ukraina sendiri. Pilot dilaporkan tewas akibat kecelakaan itu.

Di wilayah timur Ukraina, komando dan koordinasi pejuang Ukraina memang terlihat buruk. Karena jalur komando dan komunikasi telah dilumpuhkan Rusia. Di sisi lain dilaporkan ada konflik di internal Ukraina antara militer dan politikus.

Baca Juga:  22 Helikopter Tiger Milik Australia Dipensiunkan, Padahal Masih Baru

Be the first to comment

Tinggalkan Balasan