Unjuk Kekuatan, AS Latihan Perang di Pangkalan Minyak Rampasan di Suriah

Pada 14 Juni, pasukan Amerika Serikat mengadakan latihan tembakan langsung dengan artileri berat di sebuah pangkalan yang terletak di dalam ladang minyak al-Omar di wilayah timur laut Suriah. Ladang minyak ini dirampas dari Pemerintah Suriah dengan bantuan pasukan pemberontak dari faksi Pasukan Demokratik Suriah.

Prajurit dari Resimen Infanteri ke-156 Angkatan Darat AS dan Resimen Artileri Lapangan ke-141 ikut serta dalam latihan artileri. Menurut Komando Pusat AS, pasukan dilatih dengan howitzer M777 155 mm.

Tentara AS #Prajurit yang ditugaskan ke Infanteri C/2-156, Baterai Charlie Plt ke-2/1141 FA melakukan pelatihan kru di Howitzer M777 di #Syria, 14 Juni 2021 @CJTFOIR @usarmycentral pic.twitter.com/yfTeJRADSw

— Komando Pusat AS (@CENTCOM) 16 Juni 2021

Tahun lalu, Angkatan Darat AS mengerahkan sejumlah howitzer M777 di timur laut Suriah untuk mendukung sekutunya di Pasukan Demokratik Suriah. Howitzer memiliki jarak tembak efektif hingga 40 km dan dapat menembakkan amunisi berpemandu GPS dan peluru fosfor putih.

Latihan serupa diadakan di ladang minyak al-Omar lebih dari setahun yang lalu. Ladang ini adalah yang terbesar dan terkaya di Suriah. AS menempatkan kekuatan besar di sana untuk terus bisa mengeruk minyaknya.

Awal tahun ini, koalisi pimpinan AS membantah mengerahkan lebih banyak pasukan atau mendirikan pangkalan baru di timur laut Suriah. Namun, perkembangan terakhir menunjukkan sebaliknya. Pada 17 Juni saja, konvoi 55 truk yang membawa perbekalan dan peralatan untuk pasukan AS memasuki wilayah tersebut.

Channel Militermeter

Be the first to comment

Tinggalkan Balasan