USS San Fransisco Kapal Selam Yang Menabrak Gunung

Salah satu kecelakaan kapal selam yang cukup terkenal adalah insiden kapal selam USS San Francisco (SSN-771) yang menabrak gunung di bawah laut.

Kapal SSN-771 ini merupakan kapal selam bertenaga nuklir dari kelas Los Angeles milik AL Amerika Serikat/U.S Navy, memiliki bobot 6.145 ton dan mempunyai sebuah motto yaitu “Gold in Peace, Iron in War”.

Pada 8 Januari 2005 pukul 2:45 malam, San Francisco sedang melakukan perlayaran dibawah laut 675 km di tenggara Guam, pada kedalaman 160 meter tiba tiba San Francisco mengalami benturan hebat pada bagian depan dengan objek belum diketahui.

Tabrakan ini terbilang sangat parah dan hampir menenggelamkan kapal, dimana tanki pemberat bagian depan pecah, tanki ballast dan kubah sonar rusak berat. Beruntung, para awak kapal San Francisco sukses menjalani operasi penanggulangan bencana sangat profesional dan saling bekerjasama untuk kembali ke permukaan.

San Francisco menjalani prosedur emergency blow dengan susah payah agar menambah daya angkat kapal, dalam kecelakaan ini 98 kru luka luka dengan seorang awak tewas. Saat di permukaan, San Francisco tidak dapat melaju kencang demi mencegah banjir lebih parah, hingga akhirnya 10 Januari kapal ini dikawal oleh USCGC  Pulau Galveston, USNS  GYSGT Fred W. Stockham dan USNS  Kiska untuk bisa kembali ke Guam.

Awalnya U.S Navy hal ini disebabkan oleh musuh, namun setelah menjalani pemeriksaan lebih lanjut melihat bentuk kerusakan, di pastikan San Francisco menabrak sebuah gunung bawah laut yang belum di petakan. Efek tabrakan ini, U.S Navy mengadili Kapten kapal Kevin Mooney yang dianggap lalai dalam beberapa prosedur navigasi dan perencanaan berlayar.

Baca Juga:  Thailand dan Amerika Gelar Latihan Militer Terbesar di Asia, Myanmar Diundang!

Namun, melihat catatan bersih dari Kapten Mooney pihak pengadilan hanya memberikan hukuman bebas tugas dari Kapten kapal dan teguran. Sedangkan ada 20 perwira dan puluhan awak kapal lainnya diberikan penghargaan atas tindakan heroik mereka, termasuk puji pujian dari seluruh matra Angkatan Bersenjata Amerika Serikat yang dianggap pahlawan “Baru”. Kapal San Francisco menjalani perbaikan permanen di Puget Sound Naval Shipyard dengan pergantian bow section kapal baru.

Be the first to comment

Tinggalkan Balasan