Varian Terbaru Pesawat F-35 Mulai Aktif Disebar AL Amerika

Versi terbaru dari pesawat siluman buatan Lockheed Martin, F-35C Lightning II Joint Strike Fighter (JSF), telah mulai pada penyebaran operasional pertamanya.

Pesawat ini pada 3 Agustus, terlihat diangkut di atas geladak kapal induk USS Carl Vinson (CVN 70).

“[USS] Vinson adalah kapal induk pertama yang mengakomodasi campuran pesawat tempur generasi ke-4 dan ke-5, memberikan daya mematikan dan kemampuan bertahan yang belum pernah terjadi sebelumnya dan memastikan tim Angkatan Laut [AS] dapat beroperasi dan menang di ruang pertempuran yang diperebutkan kini dan di masa depan,” seperti di kutip Kapten Tommy Locke, komandan CVW 2.

AL Amerika tidak mengungkapkan jumlah F-35C yang diangkut dengan Carl Vinson, citra kapal yang berangkat dari San Diego di California menunjukkan hanya empat pesawat semacam itu di dek penerbangan yang menampilkan 24 Boeing F/A-18E/F Super Hornet dan EA-18G Growler dan jenis lainnya. Namun, tidak diketahui berapa banyak lagi F-35C yang mungkin berada di bawah dek pada saat gambar diambil.

Dirancang khusus untuk operasi kapal induk Angkatan Laut AS, F-35C berbeda dari F-35A yang mampu lepas landas dengan cara konvensional (CTOL) dan lepas landas pendek dan pendaratan secara vertikal (STOVL) dengan lebih efisien.

Baca Juga:  TNI AL dan AL Jepang Agendakan Latihan Bersama

Be the first to comment

Tinggalkan Balasan