Walau Sudah Tua, Tank T-54M Vietnam Tetap Menakutkan

Angkatan Darat Vietnam (PAVN) saat ini mengoperasikan versi modern dari T-54 MBT era Soviet, yang disebut disebut T-54M, sebuah modernisasi lokal daei T-54 dan telah dilakukan di pabrik milik negara Z153 pada awal 2016 bekerjasama dengan Israel.

Hal ini bermula pada tahun 2000an, ketika para pejabat tinggi militer Vietnam melakukan kunjungan ke Israel dan disana mereka melakukan tinjauan pada sebuah tank Tiran-5Sh Israel, yang menunjukkan bahwa modernisasi T-54 di Vietnam harus dimodernisasi secepatnya.

T-54M PAVN sendiri adalah hasil dari program modernisasi T-54B dan Type 59 yang dikembangkan di pabrik Z153 berdasarkan pengalaman dari program T-55M3 yang dirancang oleh Israel untuk Tentara Rakyat Vietnam. Perlindungan lapis baja tank ditingkatkan secara signifikan dengan memasang blok ERA generasi kedua Vietnam ke lambung depan atas dan turret.

Tank ini juga memakai sistem fire control system Indra TIFCS-3BU yang diproduksi Spanyol, dan persenjataan utama 100mm D-10T2S tank ini juga memakai sistem pengintai laser yang dikombinasikan dengan kamera pencitraan termal untuk meningkatkan akurasi dan dioperasikan dalam kegelapan.

Baca Juga:  Rusia Kembangkan Kapal Patroli Submersible Strazh

Channel Militermeter

Be the first to comment

Tinggalkan Balasan