Warga Guiena Rayakan Presidenya Ditangkap Militer Dalam Kudeta

Suasana Kota Conakry, Ibukota Guinea riuh usai ditangkapnya Presiden Alpha Conde. Mereka merayakan keberhasilan angkatan bersenjata negara itu menggulingkan kekuasan sang presiden.

Alpha Conde adalah presiden pertama yang dipilih secara bebas dalam sejarah Guinea. Dia terpilih kembali pada tahun 2015 untuk masa jabatan kedua setelah pemilihan yang diwarnai kekerasan dan di tengah tuduhan kecurangan. Lalu dia melakukan amandemen undang-undang yang memungkinkan dia untuk menjabat Presiden selama 3 periode.

Di video diterima oleh AFP, Presiden Alpha Conde tampak kusut di sofa yang dikelilingi oleh tentara. Dia menolak menjawab pertanyaan dari salah seorang soal kondisinya teraniaya atau tidak.

Kepala pasukan khusus militer Guinea, Letnan Kolonel Mamady Doumbouya, muncul di televisi publik, mengenakan bendera nasional, dan menyebut salah urus oleh pemerintah sebagai alasan di balik tindakannya.

“Kami tidak akan lagi mempercayakan politik kepada satu orang, kami akan mempercayakan politik kepada rakyat,” kata pemimpin kudeta itu

Rakyat yang mendengar Presiden ditangkap, turun ke jalan merayakan keberhasilan militer. Dalam video mereka tampak bersorak sorai memberikan selamat pada kendaraan militer yang melintas.

Baca Juga:  Pesawat F-35 Sudah Diproduksi 500 Unit

Be the first to comment

Tinggalkan Balasan