Deal, Ceko Memilih Pesawat F-35A Untuk Meningkatkan Pertahanan Udara

Pemerintah Republik Ceko telah membuat keputusan mendasar tentang modernisasi Angkatan Udara Republik Ceko dan memberikan mandat kepada Menteri Pertahanan Jana Cernochová untuk memulai negosiasi dengan pemerintah AS untuk pembelian 24 unit F-35A Lightning II

Jana Cernochová mengatakan “Keputusan kami untuk pilihan ini didasarkan pada analisis oleh militer, yang dengan jelas menyatakan bahwa hanya mesin paling modern dari generasi ke-5 yang dapat bertahan di medan perang masa depan. Keputusan akuisisi harus dibuat sekarang, karena harga teknologi terus meningkat, sementara pada saat yang sama ada kekurangan kapasitas produksi dan bahan baku, meningkatkan waktu pengiriman. Itu sebabnya kita tidak boleh menunda karena waktu pengiriman dalam urutan tahun. Tahun 2027 tampaknya masih jauh”.

Saat ini Angkatan Udara Ceko sedang menyewa empat belas Saab JAS 39 Gripen, dua belas kursi tunggal JAS39C dan dua pesawat tempur dua kursi JAS39D dari Saab Aerospace, Swedia. Duta Besar Swedia untuk Ceko, Frederik Jörgensen, mengatakan bahwa Angkatan Udara Ceko dapat menyimpan Gripen yang disewa secara gratis setelah masa sewa saat ini berakhir.

Pilihan untuk Lightning II daripada Saab Gripen NG tidak mengejutkan karena laporan media telah mengindikasikan untuk jangka waktu yang lebih lama bahwa F-35A adalah pesaing utama untuk penggantian JAS39C/D Gripens. Fakta bahwa negara-negara sekitarnya sudah mengoperasikan Lightning II atau telah memesan pesawat tempur generasi ke-5 membuat pilihan menjadi lebih mudah. Ketika Ceko berhasil menyelesaikan negosiasi dengan pemerintah AS, negara itu akan menjadi operator ke-11 di Eropa. Negara-negara lain adalah Denmark, Italia, Belanda, Norwegia, Inggris dan dalam pesanan dengan Belgia, Finlandia, Jerman, Polandia dan Swiss.

Posting Komentar untuk "Deal, Ceko Memilih Pesawat F-35A Untuk Meningkatkan Pertahanan Udara"